13 Hal Unik di Kota Bersejarah Ngawi yang Jarang Terekspos nan eksotis

Ngawi, ini dia Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan Kota Ramah dan alun-alun terbesar. Kabupaten ini adalah jalur darat utama dari Jogja menuju Surabaya. Kota di Jawa Timur yang letaknya paling barat, berbatasan dengan kota Sragen, Jawa Tengah lebih tepatnya. Ada apasih di Ngawi? Ternyata kota kecil ini menyimpan begitu banyak situs sejarah loh. Salah satunya adalah Benteng Van de Bosch. Seperti apa cerita sejarahnya..

1. Ternyata Benteng ini adalah benteng peninggalan jaman Hindia Belanda loh..


ini potret di dalam benteng pendem

Warga Ngawi pasti akan sangat familiar dengan benteng yang satu ini. Ya masyarakat lokal, biasa menyebut benteng ini dengan nama Benteng Pendem. Benteng ini merupakan benteng pertahanan yang dibuat sebagai benteng pertahanan di area Jawa Timur bagian Barat sekaligus camp militer tentara Belanda. Benteng Van Den Bosch dibuat oleh pemerintah kolonial pada era tahun 1839-1945.

2. Benteng ini kini menjadi saksi sejarah perjuangan Indonesia yang bisa kalian pelajari sekaligus menjadi spot foto yang menarik.

instagramable banget kan buat foto2

Benteng ini juga menjadi salah satu spot menarik untuk melihat sunset di Ngawi. Bahkan untuk dijadikan background foto prewedding pun sangat menarik. Banyak wisatawan yang sengaja datang kesini untuk mengabadikan momen berharganya.

Di sore hari kalian bisa menikmati senja sekaligus melihat dan memberi makan puluhan merpati yang ada di sana. Tiket masuknya hanya 5000 rupiah sudah termasuk parkir. Untuk pengelolanya sendiri, benteng ini dikelola oleh TNI Angkatan Darat-Batalyon Armed. Jadi saat berkunjung kalian bisa sekaligus bertanya mengenai sejarah bangunan tersebut.

Selain menikmati situs bersejarah dan berfoto ala jaman penjajahan dulu, di benteng ini juga tersedia satu warung yang menyediakan makan dan minuman ringan. Lokasinya tepat di bawah pohon besar yang rindang. Benar-benar lokasi yang pas untuk melepas penat selama kalian tinggal di kota.

3. Tempat ini juga menyediakan taman untuk kalian yang ingin bersantai sambil membuka perbekalan

suasana sepinya pas banget buat santai

Setelah puas berfoto di area benteng, kalian bisa bersantai di Taman Labirin. Taman ini dibuat khusus untuk pengunjung yang membawa anak kecil, tapi orang dewasa pun boleh kok kalu mau bermain di taman ini. Gazebo untuk  bersantai pun disediakan, jadi kalau kalian membawa perbekalan sendiri, kalian bisa menikmatinya dengan suasana yang masih sangat asri dan angin sepoi-sepoi. Ditambah lagi ada air mancur kecil yang didesain dengan ukiran bambu khas Ngawi.

4. Bagaimana soal kulinernya?? Tentu tak ada salahnya sekalian dicoba ketika kalian kesini.

tahu petis pas banget buat santapan sore di Ngawi

Tak hanya itu, karena kota ini terkenal dengan alun-alun terbesar se-Jawa Timur, kalian harus mencoba mendatanginya. Letaknya tepat di tengah kota dan bersebelahan dengan masjid agung. Di sana terdapat puluhan jajanan khas Ngawi yang bisa kamu nikmati dengan harga yang murah meriah. Cobain ya nasi pecel, tahu petis, dan intip ketan yang mak nyus banget.

5. Aksesnya pun sangat mudah dijangkau loh …

disini ada banyak merpati berkeliaran bebas loh

Kalau kalian berkunjung kesini, dari terminal Ngawi kalian bisa menggunakan bencak motor atau bentor untuk menuju lokasinya. Cukup dekat dan harganya juga terjangkau. Bapak bentornya pun ramah-ramah dan siap memberikan informasi lengkap soal kota Ngawi. Tak perlu repot dan khawatir kalian akan tersesat ya. Jadi untuk melakukan solo travelingpun kota ini masih sangat aman dan ramah.

Tunggu apa lagi, cari long weekend  dan agendakan berlibur ke Kota Ngawi!
bersama SEWA MOBIL NGAWI JAWA TRANSPORT

6. Satu-satunya kota yang diakui secara nasional sebagai penghasil kripik tempe yang khas.

penghasil keripik tempe [image source]

Kripik tempe khas Ngawi banyak dihasilkan dan diproduksi oleh masyarakat ngawi. Terlebih warga masyarakat Prandon Ngawi. Sudah sejak turun-temurun memproduksi tempe dan mengolahnya menjadi kripik tempe ini. Perkembanfan usaha ini sudah dilakoni sejak skala kecil hingga memproduksi secara besar dan di jual banyak ke kota-kota besar.

7. Tempat terbunuhnya Gubernur Jawa Timur

monumen soerja ngawi [image source]

Gubenur Soerja adalah Gubernur Jawa Timur yang terbunuh di perbatasan kota Ngawi dan Jawa Tengah. Jika anda ingin mengetahui sejarahnya lebih lengkap, anda bisa mengunjungi ke Wisata Monumen Soerja Ngawi. Disana anda juga dapat menawar macam-macam burung. Karena disana tersedia juga pasar burung.

8. Sehabis salam, dilanjutkan tepuk tangan

gice me five [image source]

Jika anda singgah ke Ngawi, setelah seseorang mengucapkan salam, maka otomatis dilanjutkan dengan bertepuk tangan dengan rekannya atau toss. Namun, adat ini hanya berlaku pada saat acara-acara resmi saja. Salam unik hanya anda temukan di Ngawi.

9. Tempat Asal Mula Tari Orek-Orek

tari orek-orek [image source]


Tari yang berasal dari Ngawi ini pertama kali berasal dari Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi yang pernah memecahkan rekor Muri pada tahun 2014 sebagai peserta terbanyak yang melibatkan siswa SD, SMP, SMA dan Umum.

10. Ikon Bambu dan Kura-Kura

Kota Ngawi adalah kota yang berikonkan pohon bambu. Mengapa? Karena nama Ngawi berasal dari awi atau bambu. Selain itu, di timur pusat kota Ngawi terdapat Taman Wisata Tawun. Disini terdapat mata air (sendang) dengan penunggunya adalah Binatang Kura-kura. Kura-kura ini sangat dianggap wingit oleh masyarakat sekitar.

Ikon kuran-kura [ Image Source ]

11. Ngawi memiliki alun-alun terbesar se Jawa Timur

Alun-alun Ngawi memiliki alun-alun yang sangat besar. Disana anda dapat menikmati kuliner khas Ngawi serta berbagai hiburan yang terdapat di wisata malam hari alun-alun Ngawi. Predikat alun-alun terluas ini dapat dibuktikan dengan betapa luasnya lapangan, taman, serta komplek penjual kuliner dialun-alun Ngawi ini. Jangan lupa ibadah di barat alun-alun karena disitu adalah Masjid Agung yang sangat megah dan besar.



Sejarah di sekitar Masjid ini terdapat suatu cerita mistis yang diantaranya terdapat batu giok di komplek masjid ini. Kono katanya, setelah batu ini dicuri orang, Ngawi mengalami banjir bandang. Masih ingatkah banjir Ngawi tahun 2009? Padahal sebelumnya Ngawi tidak pernah banjir. dan secara geografis, Ngawi sangat kecil kemungkinannya terkena banjir. Tapi, ini mitos lho ? jadi percaya atau tidak, itu tergantung anda.

12. Tempat ditemukannya Manusia Purba (Pitechantropus)

Pithecanthropus [image source]

Ngawi, tepatnya di Desa sekitar Trinil adalah situs ditemukannya Manusia Purba oleh warga asing. Di Museum Trinil ini anda dapat mempelajari beberapa Fosil Purba, termasuk nenek moyang anda.

13. Terdapat kerajaan dedemit / kerajaan mahkluk halus (Alas Srigati)

Museum Trinil terletak di Jalan Raya Solo – Surabaya, Pedukuhan Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar, kurang lebih 13 kilometer arah barat pusat kota Ngawi, dan untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan semua jenis kendaraan.

Alas Srigati [ Image Source ]

Banyak yang meremehkan ngawi, padahal ada sujuta keindahan yang kota ngawi miliki. Indonesia memang memiliki banyak keindahan. Maka dari itu kamu harus bersyukur menjadi orang Indonesia karena memiliki sejuta adat istiadat yang indah.

sewa from summary post